Photobucket

SELAMAT DATANG DI BLOG YULVINDO TEKNIK .. TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA... MOHON KASIH KOMENTAR UNTUK PERBAIKAN..JANGAN LUPA TULIS SUMBERNYA, JIKA MENGCOPY ARTIKEL

DAFTAR ISI

IKLAN

.

JENIS-JENIS KABEL LISTRIK

Diposkan oleh YULVINDO TEKNIK

pada tanggal 29 Sep 2011

Jam 13.50

Jumlah komentar 0

Page view : Views

A.    Pengertian kabel
Kabel adalah : semua jenis penghantar listrik yang berisolasi/berselubung.

B. Jenis-jenis kabel Listrik
Secara umum kabel listrik dibagi dalam dua golongan yaitu :
1. Kabel Tanah.
    Kabel tanah adalah kabel yang ditempatkan dalam tanah
    Kelemahan kabel tanah:  
    - biaya pemasangan mahal
    - pengisolasiannya lebih rumit
    - bila terjadi gangguan tidak dapat diatasi dengan cepat
    Berdasar isolasinya  kabel tanah terdiri dari dua jenis yaitu :

    a. Kabel tanah tanpa perisai 
        Yang termasuk kabel jenis ini antara lain: NYY, NAYY
     Kabel NYY
   Kabel NYY memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam ), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYY dipergunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah), dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus. Luas penampang kabel dapat mencapai 240 mm, dengan tegangan nominalnya 600 - 1000V.

Gb. 1. Kabel NYY tanpa perisai
    b. Kabel tanah dengan perisai
        
   Kabel tanah jenis ini dilindungi dengan perisai berupa kawat baja berlapis seng,      agar kabel tahan terhadap tekanan. Yang termasuk kabel ini adalah: NYRGbY, NYFGbY.
Kabel NYFGbY ini digunakan untuk instalasi bawah tanah, di dalam ruangan di dalam saluran-saluran dan pada tempat-tempat yang terbuka dimana perlindungan terhadap gangguan mekanis dibutuhkan, atau untuk tekanan rentangan yang tinggi selama dipasang dan dioperasikan.



Gbr. 2. Kabel NYFGbY

2. Kabel udara.
    Kabel Udara adalah kabel yang digunakan secara terbuka ( tidak dalam tanah). Kabel udara terdiri dari dua golongan yaitu :
a. Kabel udara tanpa isolasi.
   Yang termasuk kabel udara tanpa isolasi, adalah :
Kabel BC
Kabel ini dipilin/stranded, disatukan   
Ukuran / tegangan mak = 6 – 500 mm/ 500 V
Pemakaian = saluran diatas tanah dan penghantar pentanahan

Gbr. 3. Kabel BC dari bahan tembaga

Kabel AAAC
   Kabel ini terbuat dari aluminium-magnesium-silicon campuran logam, keterhantaran elektris tinggi yang berisi magnesium silicide, untuk memberi sifat yang lebih baik. Kabel ini biasanya dibuat dari paduan aluminium 6201. AAAC mempunyai suatu anti karat dan kekuatan yang baik, sehingga daya hantarnya lebih baik.
Gbr. 5. Kabel AAAC
Kabel ACSR
Kabel ACSR merupakan kawat penghantar yang terdiri dari aluminium berinti kawat baja.Kabel ini digunakan untuk saluran-saluran transmisi tegangan tinggi, dimana jarak antara menara/tiang berjauhan, mencapai ratusan meter, maka dibutuhkan kuat tarik yang lebih tinggi, untuk itu digunakan kawat penghantar ACSR.


Gbr. 6. Kabel ACSR.

Kabel ACAR
Kabel ACAR yaitu kawat penghantar aluminium yang diperkuat dengan logam campuran, sehingga kabel ini lebih kuat daripada kabel ACSR.



Gbr. 7. Kabel ACAR
b. Kabel Udara dengan isolasi.
Berdasar kontruksinya, kabel udara dengan isolasi diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Penghantar pejal ( Solid)
Penghantar pejal adalah penghantar yang berbentuk kawat pejal, mempunyai   diameter sampai 10 mm. Yang termasuk kabel jenis ini antara lain :
Kabel NYA.
Kabel NYA berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, untuk instalasi luar/kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. Kabel tipe ini umumnya digunakan untuk instlasi rumah, toko, bengkel karena harganya yang relatif murah. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air  dan mudah digigit tikus. Suhu penghantar maksimum 70 derajat
Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.

Gbr. 8. Kabel NYA
Kabel NYM
Kabel NYM memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam. Pemasangan kabel NYM menggunakan klem dengan jarak yang cukup rapat (+/- 25 cm), agar kabel terpasang dengan rapi.

Gbr. 9. Kabel NYM dengan isi 3.
2. Penghantar serabut (flexibel)
Kabel jenis ini banyak digunakan untuk tempat-tempat yang sulit dan sempit, alat-alat portabel, alat-alat ukur listrik, dan pada kendaraan bermotor. Ukuran kabel ini antar 0.5 mm - 400 mm.
Yang termasuk jenis ini antara lain :
 Kabel NYAF
   Kabel NYAF merupakan jenis kabel fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVC. Digunakan untuk instalasi panel-panel yang memerlukan fleksibelitas yang tinggi

Gbr. 10. Kabel NYAF
C. Sumber.
  1. blogspot.comtechnoku./2009/01/jenis-jenis-kabel.htm
  2. google.com.
  3. Buku pemasangan Instalasi Listrik Dasar, penerbit Kanisius, Karangan Drs.Priyo Handoko,tahun 1999.
  4. Buku Instalasi Listrik, penerbit Amissco, karangan Imam Syafi'i, SP.d dkk, tahun 2000.
  5. Modul diklat VEDC Malang'.

ARTIKEL YANG BERKAITAN :


0 komentar:

Poskan Komentar

Mohon komentarnya untuk perbaikan blog ini

Mohon tidak menulis komentar yang berbau : pornografi, SARA, SPAM, ancaman, fitnah

 
back to top