Menghilangkan bau mulut

YULVINDO TEKNIK | 10/29/2011 12:00:00 AM |

A. Pendahuluan.
    Pernahkan anda merasakan bau mulut yang tidak sedap ketika sedang berbicara dengan orang lain?. Sudahkah anda tahu cara mengatasi bau tersebut?. 
        
Berikut akan dijelaskan penyebab bau mulut dan cara menghilangkan bau mulut.
B. Penyebab bau mulut.
  1. Bakteri yang bersarang di mulut kita. Bakteri-bakteri ini hidup, bersembunyi dan berkembang biak di mulut kita, terutama di gigi dan lidah. Bakteri ini mengeluarkan zat yang menimbulkan aroma bau yang kurang sedap di hidung orang lain.
  2. Tonsil/ amandel. lubang kecil di amandel kita yang disebut crypts, ternyata bisa menimbulakan bau mulut. Di lubang inilah sisa makanan dan kuman terselip yang akhirnya menimbulkan bau yang cukup menyengat.
  3. Makanan dan minuman. Makanan dan minuman, tanpa kita sadari adalah menjadi faktor penentu bau mulut yang terjadi pada diri kita. 
  4. Gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan bisa mengakibatkan bau mulut. Gas yang timbul akibat dari proses pencernaan yang kurang baik di perut dan saluran pencernaan kita akan menimbulkan bau mulut yang kurang sedap. 
  5. Gusi yang meradang atau infeksi.
  6. Lidah yang meradang karena kurang vitamin, tergigit.
  7. Penyebab lainya  seperti infeksi saluran nafas, sinus, diabetes, gangguan ginjal. 

B. Cara menghilangkan bau mulut:
  1. Menyikat Gigi. Menyikat gigi pada sebagian kasus bisa menghilangkan bau mulut. Bersikat gigilah dengan baik dan benar, hilangkan sisa-sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi anda.Sebaiknya anda menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, yaitu waktu pagi dan sebelum tidur.Akan lebih bagus lagi jika berkumur dengan cairan antiseptik.
  2. menyikat lidah, Membersihkan lidah secara rutin dengan bulu sikat yang lembut dapat membersihkan bakteri dan sisa makanan penyebab bau mulut.
  3. Membersihkan langit-langit mulut.
  4. Perbanyak minum air putih. Air putih dipercaya mampu melarutkan zat-zat negatif dalam tubuh, termasuk menghilangkan zat yang mengakibatkan bau mulut. Hindari minum kopi.
  5. Kurangi konsumsi makanan berlemak dan daging. Makanan berlemak akan membuat lambung anda cenderung aktif mengeluarkan zat asam yang akan menimbulkan bau gas yang jika keluar lewat mulut mengakibatkan bau naga yang dasyat.
  6. berkumurlah dengan secangkir kecil perasan lemon. Setelah itu, makanlah yogurt tawar yang mengandung bakteri lactobacillus. Selain menghilangkan bau mulut, bakteri jenis ini juga memiliki manfaat tambahan, yaitu dapat memelihara kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Kombinasi lemon dan yogurt sangat efektif untuk menetralisasi bau mulut dalam waktu yang relatif cepat. Bahkan, manfaatnya dapat bertahan hingga 12-24 jam setelah pemakaian.
  7. Kurangi makan makanan yang menyengat seperti durian, jengkol, petai.
  8. Hindari merokok, karena bau racun rokok akan selalu menetap.
  9. Periksakan kesehatan gigi dan mulut secara berkala.
C. Sumber :
  • inilahkita.com
  • dudijaya.blogspot.com
  • www.beritamandiri.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar