Merawat Baterai Laptop atau Netbook

YULVINDO TEKNIK | 10/30/2011 12:48:00 AM |
A. Pendahuluan.
    Pernahkan anda  menggunakan laptop yang sebentar-sebentar drop baterainya dan harus sering melakukan pengisian (charging). Mengapa hal ini bisa terjadi? dan bagaimana solusinya.
                               
Berikut dijelaskan penyebab kerusakan baterai, cara merawat/menjaga agar baterai laptop/netbook awet atau tahan lama.
B. Penyebab kerusakan baterai Netbook/Laptop
    Kerusakan baterai laptop atau netbook bisa disebabkab oleh :

  1. Kondisi baterai yang terlalu panas.
  2. Menggunakan laptop/netbook sampai baterai habis (indikator baterai 0%) untuk model baterai NiCad (bukan Lithium)

C. Cara merawat baterai Netbook/Laptop
    Berikut bebarapa cara untuk menjaga agar baterai Laptop/Netbook bisa bertahan lama :

  1. Defrag hard disk secara teratur - Semakin cepat hard drive anda tidak bekerja - permintaan kurang Anda akan menempatkan pada hard drive dan baterai Anda. Membuat hard drive anda seefisien mungkin dengan defragging secara teratur.  
  2. Dim layar Anda - Kebanyakan laptop dilengkapi dengan kemampuan untuk menjaga layar dalam kondisi redup. Beberapa bahkan datang dengan cara untuk memodifikasi CPU dan kinerja pendinginan. Kurangi terangnya cahaya layar laptop anda.
  3. Mengurangi program yang berjalan di latar belakang. sepert Itunes, Desktop Search, Screen saver, dll Semua ini menambah beban CPU dan mengurangi masa pakai baterai. Matikan segala sesuatu yang tidak penting ketika Anda mengoperasikan laptop dengan baterai. 
  4. Kurangi perangkat eksternal - perangkat USB (termasuk mouse anda), Bluethooth, WiFi banyak menguras energi  baterai laptop Anda. Sebaiknya hapus atau tutuplah perangkat yang  tidak digunakan
  5. Tambahkan kapasitas RAM - ini akan memungkinkan Anda untuk memproses lebih banyak program dengan memori laptop yang Anda memiliki.Sebaiknya anda tidak menggunakan memori virtual, karena memperberat kerja hard disk. 
  6. Kurangi penggunaan CD/DVD drive. Jika memungkinkan, cobalah  menggunakan  drive virtual menggunakan program seperti Alcohol 120%. 
  7. Jaga kontak baterai bersih: Bersihkan logam kontak baterai Anda setiap beberapa bulan dengan kain yang dibasahi dengan alkohol. Hal ini membuat transfer daya dari baterai Anda lebih efisien. 
  8. Jaga baterai Anda - . Jangan biarkan baterai yang terisi penuh untuk jangka waktu yang lama. Setelah diisi, Anda setidaknya harus menggunakan baterai  sekali setiap dua sampai tiga minggu.  
  9. Keika laptop/netbook tidak digunakan untuk waktu yang lama, lepaslah baterainya dan simpan pada suhu yang dingin. ( 0 derajad celcius s.d 10 derajad celcius)
  10. Hibernate tidak siaga - Meski menempatkan laptop dalam modus siaga menghemat daya dan Anda dapat segera melanjutkan di mana Anda tinggalkan, tidak menyimpan di mana saja sebagai kekuatan sebanyak fungsi hibernate tidak.Hibernate PC benar-benar akan menyelamatkan negara PC Anda seperti itu, dan benar-benar mematikan dirinya.
  11. gunakan laptop pada kondisi  suhu rendah - laptop anda beroperasi dengan lebih efisien ketika  dalam kondisidingin. Bersihkan ventilasi udara Anda dengan kain atau pembersih keyboard. Lebih baik lagi kalau laptop diberi pedinginan yang cukup, bisa menggunakan kipas atau AC Air condtioner).                                                              
  12. kipas pendingin laptop
  13. Mengatur dan mengoptimalkan pilihan kekuatan Anda - Pergi ke 'Power Options' di control panel Anda jendela dan mengaturnya sehingga penggunaan daya dioptimalkan (Pilih 'max baterai' untuk efek maksimum). 
  14. Jangan multitask - Prioritaskan penggunaan laptop anda untuk satu macam kegiatan. Apabila banyak menjalankan program dalam satu waktu, ini bisa memperberat kerja baterai.  
  15. Kurangi penggunaan laptop untuk bermain game. Karena game banyak menyedot energi baterai.  
  16. Mencegah Pengaruh Memori - Jika Anda menggunakan laptop yang sangat tua, Anda akan ingin untuk mencegah 'efek memori' - Jauhkan baterai sehat dengan penuh pengisian dan pemakaian itu kemudian sepenuhnya setidaknya sekali setiap dua sampai tiga minggu. Pengecualian adalah Li-Ion baterai (yang kebanyakan laptop)  tidak mengalami efek memori. 
  17. Matikan fungsi autosave (peyimpanan otomatis) pada program MS-Word dan Excel 
  18. Turunkan menggunakan grafisAnda dapat melakukan ini dengan mengubah resolusi layar dan mematikan driver grafis mewah.  
  19. Isilah baterai ketika indikator baterai pada posisi tinggal 20%.
  20. Matikan Windows Aero
    Windows Aero atau efek kaca memungkinkan Anda lihat pada Windows Anda. Program ini banyak memakan memori dan harus dinonaktifkan untuk menghemat baterai. Untukmenonaktifkan Windows Aero:
    Klik kanan desktop dan klik Personalisasi. Klik Window Warna.

    battery life 17 10 Ways to Improve Your Laptops Battery Life 
    Aktifkan transparansi dan klik OK.

           battery life 18 10 Ways to Improve Your Laptops Battery Life

  20. Gunakan software Batteray Care, untuk mengontrol baterai laptop anda. Sotware ini
Software Battery car
       juga mampu mengecek suhu Hard Disk dan CPU. Untuk download programnya 
       bisa KLIK DISINI
  21. Lakukan kalibrasi baterai, dengan cara mengosongkan baterai sampai habis (0%), 
       diamkan sebentar, kemudian isilah baterai higga penuh.

D. Sumber

  • www.friedbeef.com
  • batterycare.net
  • mintywhite.com

2 komentar: