Hemat Menggunakan Lemari Es (Kulkas)

YULVINDO TEKNIK | 11/08/2011 12:32:00 PM |
A. Pendahuluan.
    Menggunakan listrik secara hemat merupakan langkah yang tepat dan bijak. Bisa mengurangi pengeluaran dan penghematan sumber energi penghasil listrik, yang secara tidak langsung juga ikut andil melestarikan lingkungan.
                        
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik, salah satunya adalah dengan menghemat penggunaan lemari es. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan lemari es.
B. Cara Menghemat Penggunaan lemari es.
    Adapun langkah-langkah menghemat dalam penggunaan kulkas antara lain :

  1. Tempatkan lemari es jauh dari sumber panas, misalnya kompor.
  2. Bacalah buku manual kulkas dengan seksama sebelum menggunakan kulkas.
  3. Ketika membeli kulkas baru, pilihlah kulkas yang hemat energi dan sesuai dengan kebutuhan.
  4. Aturlah suhu kulkas sesuai dengan kebutuhan, karena setelan suhu yang terlalu rendah menyebakan kerja kompresor meningkat dan menyerap banyak energi listrik.
  5. Jangan memasukkan makanan atau minuman dalam kondisi panas, ini bisa memperberat kerja kulkas, sebaiknya tunggu kondisi makanan atau minuman dingin sebelum dimasukkan.
  6. Jangan membuka pintu lemari es terlalu lama.
  7. Pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat setelah dibuka.
  8. Usahakan ada ruang kosong kira-kira selebar 5 cm antara body kulkas dengan dinding ruangan agar sirkulasi udara disekitar kulkas lancar, sehingga panas dari kulkas bisa terbuang.
  9. Bersihkan body kulkas bagian luar dan dalam secara berkala agar sirkulasi sirkulasi udara dingin dalam kulkas dan sirukulasi udara panas diluar kulkas lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar