Hemat Menggunakan pendingin ruangan (AC)

A. Pendahuluan.
    Seiring dengan semakin panasnya cuaca di indonesia, terutama di kota-kota, maka semakin banyak pula penggunaan pendingin ruangan (AC). Pendingin ruangan  menempati ranking tertinggi produk yang dibeli akhir-akhir ini.
    
Disamping kenyamanan udara yang dihasilkan pendingin ruangan (AC), namun konsumsi daya listrik yang di dugunakan AC juga cukup besar.
Untuk itu penghematan dalam penggunaan AC akan terasa sekali dampaknya. Berikut akan dijelaskan cara-cara yang bisa dilakukan dalam upaya penghematan penggunaan AC.


B. Cara menghemat penggunaan AC.
   Adapun cara-cara penghemataan dalam penggunaan AC, antara lain:

  1. Tutuplah pintu dan jendela ketika AC sedang dihidupkan.
  2. Jangan terlalu sering membuka dan menutup jendela/pintu.
  3. Pasanglah tirai jendela, untuk menghalangi sinar matahari yang masuk.     
  4. Hindari pengaturan suhu yang terlalu rendah, karena tidak baik untuk kesehatan dan menyebabkan konsumsi listrik lebih boros. Suhu udara yang nyaman bagi tubuh sekitar 24 - 26 derajad celcius.
  5. Bersihkan AC secara berkala (+/- 3 bulan sekali), dengan tujuan agar sirkulasi udara lancar.  AC yang kotor menghambat sirkulasi udara yang berakibat pendinginan AC kurang maksimal dan kerja kompresor menjadi berat.
  6. Sebaiknya AC yang bersusia 10 tahun keatas diganti dengan AC yang baru, karena AC semakin tua semakin banyak menyerap listrik (boros).
  7. Pilihlah AC yang hemat energi, misalnya AC dengan teknologi inverter.
  8. Gunakan AC seperlunya saja, bila ruangan tidak dipakai sebaiknya AC dimatikan saja.
  9. Pilihlah gas pendingin AC (freon) yang ramah lingkungan.
  10. Sesuaikan kapasitas AC dengan luas ruangan.


0 komentar:

Poskan Komentar