Hemat Menggunakan Pompa air

YULVINDO TEKNIK | 11/24/2011 01:13:00 PM |
A. Pendahuluan.
    Air merupakan salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan ini. Banyak orang memanfaatkan air baik dari sumber mata air, sumur, PDAM, dll. 
Karena sumber air dari sumur banyak dimanfaatkan, maka pompa  air listrik pun tidak bisa dilepaskan. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara-cara menghemat listrik dalam penggunaan pompa air.
    
Berikut akan dijelaskan langkah-langkah yang bisa dilakukan agar penggunaan listrik pompa air hemat.  

B. Cara Hemat Menggunakan Pompa air.
    Adapun cara-cara untuk menghemat penggunaan pompa air antara lain :

  1. Gunakan penampung air (tower air), agar pompa tidak sering hidup mati                    .   
  2. Pergunakan air secukupnya sesuai dengan kebutuhan.
  3. Pasanglah otomat pompa, sehingga pengisian air pada bak penampung bisa dikontrol    .     
  4. Apabila tidak menggunakan tower air, sebaiknya buka kran air secara penuh agar pompa tidak hidup-mati berulang-ulang  dan beban pompa tidak terlalu berat.
  5. Perbaiki segera kebocoran instalasi pipa air, karena tetesan-tetesan air akibat kebocoran ini bisa meyebabkan pemborosan air, yang berdampak pada pemborosan listrik pompa air.
  6. Perbaiki pompa air bila suaranya sudah terlalu keras, ini pertanda bahwa pompa tidak normal, yang menyebabkan kerja pompa lebih berat dan boros listrik.  

1 komentar:

  1. Silahkan hubungi Service and Information centre FIRMAN, distributor dan dealer dealer terdekat di kota anda untuk kebutuhan pompa air jenis apapun untuk dipakai di mana saja. Pompa FIRMAN telah ber – SNI, Terbukti Tangguh. http://www.PompaAirFirman.com

    BalasHapus